space for rent!

Sejarah Mesin Ketik


Sejarah Mesin Ketik
ilustrasi; wikipedia
Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Mesin tik ditemukan pada tahun 1714 oleh Henry Mill asal Inggris.  Beliau yang pertama mendapatkan paten atas mesin tik. Namun demikian, sejak tahun 1829 sampai 1870, banyak penemu lain yang mencoba mematenkan mesin tik baik di Eropa maupun Amerka, tetapi tidak ada satupun yang memproduksinya
untuk keperluan komersil. Sejak saat itu, mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi, seperti penulis, mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain.

Mesin tik pertama kali dijual secara komersil pada 1870 oleh Rasmus Hansen asal Denmark, pada tahun yang sama Thomas Edison juga menciptakan mesin tik yang dijalankan dengan tenaga listrik.

Pada akhir dasawarsa 1980-an, mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian, mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini. Seperti di Indonesia masih digunakan oleh kepolisian untuk mencatat kasus-kasus yang sifatnya mendadak.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca review kami, Silahkan selesaikan dalam membaca kemudian berkomentarlah dengan beretika :)

Salam Review